Kekurangan bermantel kelebihan

anak-jalanan1

Dalam salah satu acara Kenduri Cinta, Emha Ainun Najib atau yang lebih akrab disapa Cak Nun mengatakan bahwa rakyat Indonesia adalah rakyat yang pandai sekali mengakali kondisi mereka, rakyat Indonesia adalah orang – orang yang bisa menemukan kegembiraan walau dijatuhkan sedalam-dalamnya atau dibuang sejauh-jauhnya. Lalu Cak Nun melanjutkan dengan bertanya hal yang sangat fundamental kepada audien Kenduri Cinta pada malam itu, “Apakah ini kekurangan atau kelebihan?” Cak Nun dengan sangat cerdik dan bijak, meninggalkan pertanyaan tersebut di benak para pendengarnya tanpa menjawab pertanyaan tersebut.

Semua orang boleh memiliki opininya masing-masing. Namun menjawab pertanyaan Cak Nun tersebut, saya akan menjawab bahwa hal itu adalah “kekurangan” bangsa Indonesia.

Tidak dapat dipungkiri, manusia pada umumnya mencari 1 hal dalam hidupnya di dunia ini, kepuasan. Dan manusia secara insting akan terus bergerak sampai ia menemukan kepuasannya tersebut. Dan dengan sifat rakyat Indonesia yang Cak Nun sebutkan, tanpa harus memeras keringat, menajamkan hati dan pikiran, atau yang lebih awam disebut “usaha”, rakyat Indonesia seolah tercipata untuk selalu puas, yang tentunya membawa kebahagiaan bagi diri mereka masing.

Namun, disamping anugrah yang khusus diberikan Tuhan kepada bangsa Indonesia akan kepuasan tanpa berusaha tersebut, kepuasaan rakyat Indonesia itu memiliki sebuah drawback yang signifikan, rakyat menjadi “statis“. Statis merupakan anonim dari dinamis, dan hal inilah yang membuat Indonesia “masih” dicap sebagai “The Third World” atau “Negara dunia ke-3″. Dan karena alasan inilah saya berpendapat bahwa kepuasan rakyat akan kondisi Indonesia saat ini merupakan suatu kekurangan, karena tidak sesuai dengan ide dan harapan saya sebagai rakyat akan nasib bangsa, yang saya ingin tidak dipandang rendah dipentas dunia dan dilepaskan dari cap “negara dunia ke-3″. Bisa disimpulkan bahwa menurut saya, intuisi rakyat Indonesia menggembirakan dirinya dalam segala kondisi adalah “Kekurangan bermantel Kelebihan”.

One thought on “Kekurangan bermantel kelebihan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s