Jangan membuat blog Anda sumpek

Blog sekarang telah menjadi salah satu untuk berkomunikasi dan bertukar pikiran yang paling efektif, dan juga salah satu alat bisnis online yang paling efektif. Entah berapa banyak pebisnis online yang menggunakan blog sebagai senjata ampuh untuk memulai dan mengembangkan bisnis mereka.

Tapi tahukah Anda bahwa banyak sekali blog yang tidak menghasilkan profit yang optimal karena salah dalam pendesainannya. Dan salah satu penyebabnya adalah karena terlalu banyaknya widget yang bisa Anda tambahkan ke dalam blog Anda.

Ya, widget, itu salah satu penyebab masalahnya! Tentu Anda tahu apa itu widget, bukan? Kalau belum tahu, widget itu aksesoris-aksesoris pelengkap blog. Mulai dari jam (penunjuk waktu), animasi yang lucu-lucu, banner affiliasi dan banyak yang lainnya. Sekarang sudah ngeh, kan?🙂
Widget ini seringkali menjadi sebuah hal yang mematikan bagi para pebisnis online yang mengandalkan blognya untuk melakukan preselling. Maksudnya? Maksudnya, sebagian di antara pebisnis online terlalu banyak memasang widget yang sebenarnya tidak terlalu penting di blog mereka.

Jadikan Widget Di Blog Anda Spesifik

JIka Anda memang berniat membuat sebuah blog untuk kepentingan bisnis, jadikanlah blog Anda memang terlihat unntuk keperluan tersebut. Jangan tambahkan animasi lucu-lucu disana, jangan tambahkan gambar-gambar pemandangan yang tidak jelas, hanya pasang widget dan plugin yang berguna untuk bisnis.

Misalnya adalah plugin / widget untuk berlangganan RSS Anda, untuk subscribe di blog release Anda, untuk menghubungi Anda, dan lain sebagianya. Toh Anda pasangi gambar-gambar yang lucu pun tidak ada gunanya, bahkan kadang malah orang berpikir ini blog bisnis atau blog pribadi🙂
Speed : Kecepatan

Selain membuat blog Anda terlihat sumpek, memasang berbagai widget di blog Anda pun membuat blog menjadi lambat diakses oleh pengjunjung. Kenapa? Karena server harus memproses data lebih banyak, sebanding dengan jumlah banyaknya plugin / widget yang Anda pasang. Hal ini sangat memberatkan server, terutama bagi Anda yang menggunakan blog engine wordpress yang dihosting di server sendiri.

Selain dikarenakan server harus memproses ekstra keras untuk menampilkan plugin dan widget Anda, ukuran halaman yang di-load pun menjadi semakin besar. Efeknya apa? Jelas halaman situs Anda akan menjadi lebih lambat dibuka.

Efek dominonya? Betul, pengunjung jadi akan malas membuka blog Anda. Bisa Anda katakan bahwa hal itu berarti Anda kehilangan potensi penghasilan dari blog bisnis Anda.

HANYA Memasang Iklan Yang Menghasilkan Uang

Banyak orang memasang berbagai iklan di blog mereka untuk menghasilkan uang. Entah itu iklan affiliasi sebuah produk / jasa, ataupun iklan berjenis PPC (pay per click) / CPM. Tapi tahukah Anda, bahwa kadang iklan justru membuat pendapatan Anda menurun?

Seperti telah saya jelaskan sebelumnya, bahwa meload hal yang tidak perlu akan membuat page size menjadi besar dan loading halaman menjadi lambat, dan membuat visitor menjadi kabur. Ini juga berlaku untuk iklan yang tidak menghasilkan uang, kita bisa anggap iklan ini juga termasuk hal yang tidak perlu ditampilkan.

Anda dapat dengan mudah mengidentifikasikannya dengan melihat dompet Anda sendiri. Perhatikan iklan mana yang tidak menghasilkan uang dengan signifikan, lalu buang dari blog Anda. Lebih baik mempertahankan sedikit iklan yang menghasilkan uang daripada mempertahankan banyak iklan tapi membuat Anda kehilangan banyak pengunjung. Kerugian Anda akan lebih besar lagi.

Dan juga, kan kita tidak suka melihat blog yang sumpek kan?:-)

Terakhir, Atur Kembali Penempatan Widget Anda

Sebagai langkah terakhir, jika Anda merasa bahwa Anda memang butuh dengan widget / plugin tersebut, atur penempatannya sebaik mungkin. Jangan widget yang sangat eye-catching berdekatan satu sama lain, atau berdekatan dengan blog post Anda. Ini akan membuat blog Anda terasa sumpek, dan… dan saya plus buanyak pengunjung lainnya menjadi malas membaca.

Dan itu berarti (sekali lagi), Anda kehilangan potensi mendapat uang😀
So, perbaiki tampilan blog Anda sekarang juga!

One thought on “Jangan membuat blog Anda sumpek

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s