Membangun bangsa, pemuda perlu memupuk mental mandiri

asean teenagersGuangzhou, China – Pemuda ASEAN perlu memupuk mental dan semangat mandiri dalam membangun bangsanya, karena hanya dengan semangat mandiri tersebut bangsa ASEAN pada akhirnya nanti dapat dipimpin oleh figure pemimpin yang tangguh dan jauh dari ketergantungan dengan bangsa lain.

Demikian disampaikan oleh Ketua Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PP IPM) Machhendra Setyo Atmaja, dalam roundtable discussion dalam rangkaian acara 2009 China-ASEAN Youth Camp, di hotel Ocean, Guangzhou, China, Senin (25/05/2008). Dalam diskusi yang diikuti delegasi Indonesia, Singapura, Malaysia, Myanmar dan Filipina tersebut, Machhendra mengungkapkan bahwa sampai hari ini, bangsa ASEAN masih belum dapat bicara di tingkat Internasional, bahkan di tingkat regional Asia, bangsa ASEAN masih di bawah bayang-bayang China, Jepang, Korea dan India. Gagasan mandiri juga disetujui delegasi Malaysia, Iskandar Zulkarnain yang mengungkapkan perlu adanya ikatan yang kuat diantara negara ASEAN sebagai penyangga tiang bersama, karena bagaimanapun ASEAN yang lebih memahami keadaan negara-negara di dalamnya.

Sedangkan delegasi Singapura Johnattan mengungkapkan, semangat kemandirian diperlukan dan perlu didukung kebijakan pemerintah yang lebih memberi peluang bagi pemuda untuk berakreasi dan berinovasi, pemerintah harus memberikan paket-paket stimulus untuk pemuda dalam mengembangkan usaha dalam lingkup entrepreneurship.

2009 China – ASEAN youth camp diselenggarakan mulai tanggal 19 – 26 Mei 2009 di Nanning-Wuzhou-Guangzhou, China, dengan tema China and ASEAN Youth Join Hands Responding to the Challenges Rising From the Global Economic Crisis. Delegasi Indonesia diwakili 6 orang, perwakilan dari Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga Republik Indonesisa, Pengusaha, Artis, dan Aktivis Pemuda. (dpr)

2 thoughts on “Membangun bangsa, pemuda perlu memupuk mental mandiri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s