Amankan Firefox Anda Dari Script Jahat Dengan No Script

No ScriptBanyak orang beranggapan Mozilla Firefox itu merupakan browser paling aman. Apalagi dengan adanya dukungan dari komunitas open source yang cukup besar, lubang-lubang keamanan yang muncul dapat segera dibenahi. Itu yang menyebabkan browser berlambang rubah api ini menjadi favorit.

Lalu muncul anggapan di pengguna awam yang berpendapat bahwa dengan hanya bermodalkan browser apik ini komputer akan aman dari serangan hacker. Padahal belum tentu. Kalau mau aman —tapi tak 100% aman —antivirus, antispyware, firewall, dan alat perang lainnya harus dipasang.

NoScript adalah salah satu ekstensi Firefox yang bisa digunakan untuk mengamankan browser. Ekstensi yang dapat diunduh gratis dari situs http://www.noscript.net ini bisa diandalkan untuk memblokir segala jenis skrip (khususnya JavaScript) yang ditanamkan dalam sebuah situs web.

Setelah di-instal, aturlah NoScript dengan cara mengklik kanan pada jendela Firefox, lalu pilih menu [NoScript] > [Options…]. Pada tab [General] yang terbuka, berikan wildcard terhadap situs-situs yang sudah bisa dipastikan keamanannya.

Jika kedapatan sebuah skrip dalam sebuah situs, NoScript ini akan memberitahukannya dengan memunculkan pesan seperti ini: “Scripts Currently Forbidden”. Jika dirasa tidak membahayakan, klik [Options] > [Temporarily allow file://] atau [Options…] > [Allow file://] untuk membolehkan skrip sejenis ini berjalan secara terus-menerus. (kompas)

buka firefox Anda, dan download No Script disini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s