Heboh.. Kontes Ratu Kecantikan Arab Saudi

kontes kecantikan arabSeolah tak mau tertinggal dengan negara-negara lain, Arab Saudi ikut menggelar pemilihan ratu kecantikan di negaranya. Tapi ajang pemilihan ratu kecantikan di Saudi, tentu saja berbeda dengan ajang pemilihan ratu kecantikan di banyak negara.

Di Saudi, sebutannya bukan kontes ratu kecantikan, tapi kontes “Ratu Berakhlak Cantik”. Kontes ini digelar di kota Safwa dan bebas dari hiruk pikuk liputan media, karena Saudi masih memberlakukan aturan ketat soal pemisahaan antara kaum lelaki dan perempuan. Di kontes ini, juga tidak ada kompetisia untuk pakaian renang maupun gaun malam.

Penyelenggara kontes “Ratu Berakhlak Cantik”, Khadra Al-Mubarak mengatakan, tidak seperti kontes kecantikan di negara lain yang lebih menekankan pada kecantikan fisik, kontes ratu di Saudi lebih ditekankan pada “inner beauty” peserta sesuai dengan standar nilai-nilai konservatif yang berlaku di Arab Saudi.

“Jadi yang menjadi pemenang sesungguhnya dalam kompetisi ini adalah masyarakat sendiri karena para pemenangnya mewakili budaya dari masyarakat itu sendiri,” lata Mubarak pada surat kabar Al-Watan.

Peserta yang terpilih jadi “Ratu Berakhlak Cantik” adalah Aya Ali Al-Mulla yang masih berusia 18 tahun. Ia berhasil mengalahkan 274 saingannya dalam kontes tersebut. Aya, dengan mengenakan pakaian khas perempuan Arab ‘abaya’ memiliki prestasi yang baik di sekolah dan bercita-cita ingin sekolah kedokteran.

Laporan media Saudi menyebutkan, sebagai pemenang Aya mendapatkan hadiah uang lebih dari 5000 riyal atau sekitar 1.333 dollar, sebuah kalung mutiara, jam tangan dan kalung berlian dan tiket perjalanan ke Malaysia. Sebelum diseleksi, menurut Al-Watan, para peserta harus menjalani masa-masa pengujian selama tiga bulan, mulai dari test kepribadian, psikologi, pengetahuan sosial dan budaya serta observasi bagaimana sikap mereka di tengah keluarga masing-masing. (dym)

39 thoughts on “Heboh.. Kontes Ratu Kecantikan Arab Saudi

    • makanya datang ke arab, biar tau. mau jadi tkw boleh, mau umroh silahkan, mau dagang di jedah juga ga pa2. biar kalo dengar kata arab ga selalu berkonotasi agama melulu. kuper sih….

  1. di negara Arab saja ada kontes kecantikan,,, apalagi di negara lain….
    Bagaimana dengan keadaan dunia selanjutnya ya,,, kalau kontes kecantikan diadakan oleh semua negara termasuk Arab…
    Bisa jadi kiamat datengnya cepet2 lagi….

  2. wualah-wualah muantep tenan arab pun mulai bertasyabuh…..
    gak mau ketinggalan…… dengan versinya sendiri…..
    tujuannya sih katanya buat ummat … tapi bener gak tuh…. he…he…

  3. Ya harusnya negara2 lain juga meniru arab saudi yg di nilai itu inerbeuty na ‘sip buat arab saudi

  4. Itu hal yg wajar. Tp mang bener, arab adlh suatu negara bkan agama, jd ya ada baiknya juga, pa lg cr seleksinya beda dg kontes pd umumnya. Ayo Indonesia buat yg spt itu!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s