Heboh.. ditemukan Bangunan Masjid Kuno berusia 1000 tahun

masjTim arkeolog Rusia menemukan bangunan masjid kuno di Kazan, ibukota Tatarstan. Bangunan masjid itu dipekirakan berusia 1.000 tahun. Penemuan ini menjadi petunjuk bahwa agama Islam sudah menyebar ke wilayah itu lebih awal dari perkiraan para sejarawan selama ini.

Para pakar arkeolgi Rusia masih terus melakukan penggalian untuk memastikan bentuk bangunan masjid kuno yang ditemukan terpendam di bawah tanah. Penggalian itu dilakukan setelah melakukan studi yang cukup panjang, sekitar 11 tahun menyusul penemuan lokasi bangunan Istana “Kremlin” Kazan.

Menurut para pakar itu, penemuan masjid ini membuktikan bahwa Islam sudah dikenal di Kazan sejak abad ke-10 atau hampir bersamaan dengan berdirinya kota Kazan. Pada saat itu Kazan adalah ibukota dari “Kazan Khanate”. Sedangkan para sejarawan selama ini meyakini bahwa agama Islam mulai masuk ke Tatarstan pada abad ke-15.

Dalam penggalian itu, para arkeolog juga menemukan reruntuhan banguan lain yang terdiri dari bebatuan berwarna putih. Reruntuhan itu, menurut para pakar, dibangun pada posisi menghadap ke kota Makkah di Arab Saudi. (dymash)

35 thoughts on “Heboh.. ditemukan Bangunan Masjid Kuno berusia 1000 tahun

  1. mas, boleh saya buat berita di majalah sekolah almuslim ya mas…tetap sumbernya dari blog nya mas…minta ijin ya mas..klo blh tau dapat sumber beritanya dari mana ttg berita ini?

  2. Subhanallah……..Hebatnya para pendakwah yang tak kenal lelah menyebarkan Islam sebagai Rahmatan Lil alamin.

  3. Subhanallah, fenomenal. Itulah satu contoh kejayaan Islam masa lalu ketika kita masih memiliki Khilafah. Kini apa yg dirasakan oleh Muslim disana? Penderitaan & kezhaliman! Oleh karena itu saudaraku, marilah kita sama2 berjuang menerapkan Syari’ah Islam ‘nmenegakkan Khilafah. ^_^

  4. Demi Allah dan rosulnya, bahwa sesungguhnya Allah telah memberikan pembuktiannya kepada orang orang Benua Eropa nan jauh disana, sebenarnya Agama Islam pernah tumbuh dan sangat besar disana.

  5. Banyak negeri Islam di Rusia, yang belum merdeka seperti Dageshtan, Cechnya dsb. Tapi sayang, kekaisaran Rusia telah menguburkan kazanah Islam. Dan Insya Allah dengan terkuaknya misteri temuan mesjid kuno tsb membangkitkan kembali syariah agama Islam yang pernah jaya disana.

  6. Subhanallah…….., Allahhu Akbar……Allah Maha Besar bahwasannya Allah telah membukakan mata hati untuk orang2 yang ada di Benua Nan Jauh disana, sesungguhnya Islam tlah masuk ke erofa sejak 1000 tahun yg lalu, Sungguh Besar engkau ya Allah atas apa yg tlah engkau kehendaki……..Amiiiiiinn

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s